Sistem Informasi Pengelolaan Peserta (SIPP) Jamsostek

Dalam masa perubahan PT. Jamsostek (Persero) menjadi BPJS Ketenagakerjaan, maka Jamsostek harus menyiapkan, menyusun serta merumuskan sistem dan prosedur operasional yang diperlukan untuk beroperasinya BPJS Ketenagakerjaan. Secara umum, perubahan (transformasi) Jamsostek ke BPJS Ketenagakerjaan mensyaratkan hasil pengelolaan dana jaminan sosial dipergunakan seluruhnya untuk pengembangan program dan sebesar-besarnya demi kepentingan peserta.

Perubahan sendiri berarti melakukan menyiapkan, serta mengelola perubahan bentuk, karakter, dan penampilan Jamsostek yang memerlukan semangat dan energi cukup. Pada prinsipnya, kerja team mendorong Jamsostek untuk terus membangun kerja sama, baik secara internal maupun eksternal dengan pihak-pihak terkait lainnya dalam proses transisi menjadi BPJS Ketenagakerjaan nanti. Jamsostek kemudian memerlukan kerjasama yang baik seperti dalam sinkronisasi data peserta yang diberikan perusahaan sebagai peserta Jamsostek terutama dalam keakuratan data rekonsiliasi upah, registrasi dan data tenaga kerja keluar.

Dengan perbaikan dalam peningkatan kinerja pelayanan, Jamsostek akan menyelaraskannya dengan peraturan dan perundang-undangan terkait penyelenggaraan program jaminan sosial. Langkah awal dalam mencapai target tersebut, pihak Jamsostek mengajak perusahaan melalui perwakilannya untuk bersinergi untuk bekerja sama dalam melaksanakan rekonsiliasi Jamsostek kedepannya dengan mengundang perwakilan perusahaan dalam kegiatan sosialisasi penerapan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Peserta (SIPP) Jamsostek.

Proses sosialisasi SIPP tersebut dilakukan dengan memberikan penjelasan dan penggunaan aplikasi SIPP kepada perusahan, dengan memahami sistem instalisasi aplikasi pada PC sebagai sarana pengolahan data. Penerapannya cukup mudah, peserta tinggal download atau meng-copy data aplikasi yang diberikan pada acara sosialisasi untuk di instal pada PC dan dijelaskan bagaimana cara mengoperasikan aplikasi untuk kepentingan rekonsiliasi.

Proses instalisasi, pengolahan hingga pelaporan data antara lain :

  1. Cara Instalasi dan konfigurasi SIPP
  2. Cara Pemakaian
  3. Cara Pengolahan Data
  4. Form Perusahaan
  5. Form Tenaga Kerja
    1. Tenaga Kerja Registrasi
    2. Tenaga Kerja Pemutakhiran
    3. Tenaga Kerja Keluar
  6. Form Pengolahan Iuran
  7. Form Pengajuan Pembayaran JHT
  8. Form Pelaporan JKK
  9. Pelaporan

Posisi dan kondisi Jamsostek saat ini dipersiapkan untuk menjadi BPJS berkelas dunia, terpercaya, bersahabat, dan unggul dalam operasional serta pelayanan di masa mendatang. Apalagi selain perubahan status dari perseroan terbatas (PT) menjadi badan hukum publik, perubahan (transformasi) Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjana juga mensyaratkan perubahan kegiatan usaha/operasional dengan mengajak semua perusahaan sebagai peserta ikut andil dalam aktualisasi data peserta. Cara ini akan merubah tekhnis operasional yang dulu pengolahan database dilakukan oleh para pembina Jamsostek, sekarang mulai proses infut data, pengolahan pemutakhiran data dilakukan oleh pihak peruahaan sendiri.

Tunggu hingga 3 (tiga) bulan mendatang, mulai sosialisasi hingga masa pendekatan untuk menggunakan aplikasi SIPP sendiri menjadi tolak ukur persiapan Jamsostek untuk menyongsong perubahan menjadi badan hukum publik. Disisi lain perusahaan bisa terbantu dalam pengelolaan data peserta Jamsostek yang pada intinya tanggungjawab mengenai data yang dilaporkan sudah menjadi tanggungjawab perusahaan.

Untuk itu selamat bagi Jamsostek ..

Satu pemikiran pada “Sistem Informasi Pengelolaan Peserta (SIPP) Jamsostek

  1. Ping-balik: Cara Instalasi SIPP Jamsostek | rohendiagus.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>