Job Description Human Resource Manager

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah dalam ruang lingkup karyawan atau tenaga kerja untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian yang mengurusi mengenai masalah sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan berasal dari istilah bahasa Inggris yang dikenal dengan istilah Human Resource Departemen (HRD). Manajemen sumber daya manusia perusahaan (HRD) adalah suatu prosedur yang berkelanjutan yang bertujuan untuk memasok suatu organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi atau jabatan yang tepat pada saat organisasi memerlukannya. (Stoner, 2005).

Manajemen sumber daya manusia perusahaan melalui HRD dipimpin oleh seorang HR Manajer yang bertanggung jawab kepada Top Manajemen yang memiliki tanggung jawab dalam :

  1. Memastikan tersedianya kebutuhan sumber daya manusia dalam perusahaan melalui program perekrutan karyawan berdasarkan kebutuhan perusahaan dalam waktu yang ditentukan berdasarkan target pemenuhan kebutuhan karyawan.
  2. Menentukan program pengembangan sumber daya manusia secara menyeluruh dalam perusahaan melalui program pendidikan, pelatihan keterampilan dan strategi peningkatan kinerja karyawan yaitu usaha untuk memperbaiki pelaksanaan kinerja karyawan yang sekarang maupun yang akan datang sehingga pelaksanaan tujuan organisasi lebih efisien. Dengan kata lain peningkatan kinerja karyawan adalah setiap kegiatan yang dimaksudkan mengubah perilaku yang terdiri dari pengetahuan, kecapakan dan sikap. (Moekijat, 1991)
  3. Memastikan pemenuhan kebutuhan fisik terhadap pembayaran upah (salary) dan pergantian biaya sebagai imbalan kerja atau balas jasa dengan membuat sistem penggajian terhadap karyawan.
  4. Mengatasi timbulnya kebutuhan akan rasa aman (safety needs) yang dikategorikan dalam berbagai kebutuhan seperti kebutuhan akan keselamatan kerja sehingga terhindar dari rasa cemas dan takut dalam suasana kerja. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menimbulkan rasa aman itu adalah :
    1. Adanya jaminan keamanan dan keselamatan kerja melalui program jaminan sosial tenaga kerja yang difasilitasi oleh perusahaan.
    2. Fasilitas kelengkapan kerja yang digunakan karyawan dalam melakukan aktifitas sehari-hari
    3. Kesepakatan kerja antara perusahaan dengan karyawan melalui Perjanjian Kontrak Kerja
    4. Kebijakan perusahaan untuk dipatuhi secara jangka panjang dan dapat dilaksanakan oleh setiap karyawannya melalui pemberian arahan untuk mencapai sasaran dan hasil yang diinginkan.
  5. Mengatasi munculnya kebutuhan sosial (social needs) baik secara internal maupun eksternal perusahaan, dalam mengatasi kebutuhan sosial perusahaan perlu memperhatikan :
    1. Hubungan sosial secara internal perusahaan dalam hal menjaga hubungan baik dalam organisasi kekaryawanan.
    2. Secara internal menerapkan kebijakan dalam hal sanksi untuk menegakan peraturan perusahaan untuk menjadikan sebuah dorongan/motivasi kerja secara baik kepada karyawan.
    3. Hubungan sosial secara ekternal perusahaan dengan bekerja sama dengan pihak luar dalam bidang ketenagakerjaan, perijinan perusahaan, asuransi dan pihak terkait dengan perusahaan.
  6. Menentukan kebutuhan penghargaan (esteem needs) untuk melakukan penilaian terhadap setiap karyawan melalui penghargaan fisik dan non-fisik, kepercayaan dari atasan, pengakuan secara status, kemampuan (skill) dan promosi.
  7. Memastikan pelaksanaan program sebagai perusahaan yang sehat seperti berdasarkan sertifikasi ISO 9001 dan OHSAS 18001.

Dalam pelaksanaan program HRD, HR Manager bertanggung jawab secara penuh terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program yang dijalankan, secara detail dari program HRD dapat disimpulkan dalam beberapa sasaran pelaksanaan tanggung jawab tersebut antara lain :

  1. Adanya unsur perekrutan yang berkonsentrasi terhadap pemenuhan kebutuhan karyawan perusahaan dengan memiliki kompetensi hubungan luas dengan pihak luar
  2. Bagian pendidikan dan pelatihan khusus bagi perusahaan yang bergerak dalam penyediaan sumber daya manusia yang siap pakai bagi perusahaan penyedia sumber daya manusia.
  3. Bagian yang melakukan penyimpanan dan pemeliharaan sumber data karyawan yang diperlukan secara internal maupun oleh perusahaan pengguna jasa seperti perusahaan outsource.
  4. HR manager secara work crew dalam bagian HRD maupun manajemen perusahaan bersama-sama membuat peraturan perusahaan dan revisi peraturan yang disetujui oleh instansi ketenagakerjaan.
  5. Adanya kegiatan klaim jaminan sosial tenaga kerja atau asuransi bagi karyawan.
  6. Kegiatan payroll dalam perhitungan upah karyawan dan penggantian biaya lainnya.
  7. Kegiatan administrasi ketenagakerjaan seperti ; surat keterangan kerja, surat tugas, pemberian surat peringatan dan pemberhentian, Perjanjian Kontrak kerja
  8. Adanya unsur koordinasi dengan semua bagian seperti dalam kegiatan penempatan karyawan, penyediaan kelengkapan kerja, program reward dan funishment.
 

Satu pemikiran pada “Job Description Human Resource Manager

  1. Ping-balik: Pengaturan Job Description Menjadi Tidak Adil? | rohendiagus.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>