Bere Cara

Website ini adalah website dengan tampilan blog, karena menggunakan domain dan hosting sendiri, yang disebut juga weblog. Terdiri dari domain bernama/alamat rohendiagus.com, dengan menggunakan jasa web-hosting. Web-hosting atau server hosting ini adalah tempat menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. Secara fisikal, web-hosting adalah sebuah hardisk pada sebuah server dalam keadaan menyala/online dalam waktu 24 jam non-stop.

Ini penting, karena banyak dari kita yang hanya ingin memiliki sebuah website, tapi tidak mengetahui isi website-nya untuk membahas apa saja. Ada beberapa website terkadang konten/isinya tidak mencerminkan tujuan dari pembuatan website itu sendiri. Semakin dini sobat memilih dan menentukan topik atau fokus website, maka semakin baik pula kualitas website yang sobat buat. Semakin berkualitas isi website, otomatis semakin banyak pula pengunjung yang berkunjung ke website. Oleh karena itu buatlah website untuk pengunjung, bukan untuk mesin pencari.

Cara yang paling mudah memiliki sebuah website dengan tampilan blog, karena website jenis tampilan ini paling mudah dibuat. Dan tentu saja, jika sobat sudah memahami dan cukup user friendly dengan blogging, maka bisa mengembangkannya ke website jenis lain. CMS (content management system) seperti wordpress tidak hanya dapat digunakan untuk blogging saja, tapi juga dapat dikembangkan untuk website jenis lain seperti company profilepersonal portfolio, photo portfolioonline shopping dan lain sebagainya.

Jika ingin mempergunakan sarana gratis dan untuk sekedar belajar blogging, ada 2 (dua) web-service yang paling dominan, yang menyediakan domain dan hosting untuk sebuah blog secara gratis. Artinya sobat dapat membuat blog di web-service tersebut, yang banyak digunakan adalah blogger.com (produk google) dan wordpress.com. Kedua web-service tersebut masing-masing tentu memiliki kekurangan dan kelebihan, jika ingin memanfaatkan fasilitas blog gratis ini, para blogger mania cukup mendaftar maka sobat akan memiliki sebuah blog.

Kita bisa pula membuat sebuah website pribadi yang berbasis CMS atau weblog tadi, dengan alternatif menggunakan domain dan webhosting gratis maupun berbayar. Sobat juga bisa menggunakan kombinasi domain dan webhosting antara gratis dengan berbayar, seperti memilih domain gratis dengan mengunakan webhosting (hosted-service) berbayar maupun sebaliknya. Jika ingin sedikit mudah, sobat bisa memilih dari kedua webhosting gratis blogger.com dan wordpress.com, kemudian membeli domain. Sobat tidak perlu melakukan instalasi tampilan (scrift), cukup memiliki sebuah domain (berbayar) saja, seperti contoh domain berbayar yang nama domain bisa sobat tentukan sendiri jika belum ada yang memiliki seperti namasobat.com atau namaperusahaan.co.id dan sebagainya.

Alternatif lain untuk membuat website adalah dengan menggunakan paket domain gratis dari blogger.com dan wordpress.com, tentu alamat blog-nya akan diikuti dengan embel-embel nama web-service (gratis) tersebut, seperti namadomain.blogger.com atau namadomain.wordpress.com, yang dipadukan dengan menggunakan jasa web-hosting berbayar. Namun alternatif ini, sobat harus melakukan proses instalasi untuk tampilan website (scrift). Caranya bisa dilakukan dengan auto-installer, sobat dapat memilih wordpress, jomla, drupal, openchat dll, atau dengan cara manual bagi yang sudah paham.

Setelah selesai instalasi, selanjutnya mengelola website, blog atau weblog adalah langkah terakhir yang dilakukan. Isilah website sesuai tujuan dari pembuatan website itu sendiri, konsen terhadap satu ide, maka pengunjung akan memahami maksudnya, ketika mereka membutuhkan informasi dari produk website sobat, maka mereka tidak pergi kelain hati.

Salam netter …

Satu pemikiran pada “Bere Cara

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *